Bahan Ajar
MENINGKATKAN RANKING
PADA SEARCH ENGINE
URAIAN MATERI
Membuat blog memang mudah, tapi mengelola blog jauh lebih
sulit. Pengelolaan blog bukan hanya sebatas membuat artikel sebanyak-banyaknya
namun harus memperhatikan beberapa teknik agar blog yang dibuat dapat dikenal
orang lain dalam waktu yang relatif singkat. Dan pada akhirnya, tujuan
pembuatan blog itu sendiri dapat terwujud.
Agar blog cepat populer perlu strategi dalam
pengelolaanya sehingga ada peningkatan jumlah pengunjung setiap harinya. Orang
sangat tergantung pada sebuah mesin pencari dalam menemukan informasi yang
diinginkan. Nah, mesin pencari tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin
sehingga ketika seseorang mencari informasi yang dibutuhkan langsung menuju ke
blog kita.
Pengetahuan tentang sistem kerja mesin pencari perlu
dipahami, mulai dari Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Friendly
(SEF) dan mengetahui beberapa alat yang dapat digunakan sebagai mesin pencari.
Teknik mempromosikan blog juga perlu dipahami, lalu bagaimana caranya? Untuk
menemukan jawabannya, pelajari pembahasan berikut ini.
1. Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)
Ada berapa banyak mesin pencari yang Anda ketahui?.
Apakah Anda mengenal Yahoo atau Google? Ya, kedua nama
tersebut tidak asing bagi kita karena hampir setiap saat kita memanfaatkan jasa
kedua perusahaan tersebut. Untuk saat ini, mesin pencari yang paling populer
adalah Google.
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang
untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer,
misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri.
Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria
yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan
memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.
Sitem kerja mesin pencari. Mesin
pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web,
yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya.
Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya
(misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang
disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database
indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari,
seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman
web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan
memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks
dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya,
biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian
teksnya.
2. Mengenal Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) atau optimisasi mesin
pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang
bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari
menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami
algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu
alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama)
hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang
menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.
Semakin tinggi peringkat halaman blog Anda diterima
tergantung sebagaimana friendly dalam
SEO apabila ada pencarian Web. Perlu untuk ditambahkan beberapa hal pada blog
Anda agar SEO lebih menarik, seperti menambahkan Meta tag ke kode html karena
bermanfaat untuk situs Web Anda dan popularitas situs. Pengulangan untuk
penambahan konten baru yang kaya dengan keywords
yang ampuh dan link akan menghias lebih banyak trafik. Link ditempatkan di
situs dan halaman lain melalui media forum sosial, blog dan rss feed, jadi
ketika website ini diupdate dengan konten baru, trafik Anda meningkat.
Keutamaan dari search engines adalah
mengambil konten baru dan mengendalikan lebih banyak trafik ke situs Anda
karena penggunaan teknik SEO yang telah Anda gunakan. Promosikan website Anda
menggunakan SEO dan anda akan melihat perbedaan besar pada pengunjung (trafik)
dan keuntungan yang potensial bagi Anda.
3. Mengenal Search Engine Optimization (SEO)
Apa itu SEF, ialah struktur halaman sebuah website/ blog
yang mudah dibaca oleh search engine. Namun sebagai sebuah trick, SEF mudahnya
dipahami sebagai, trick agar halaman kita mudah dibaca oleh search engine.
Sudah banyak artikel SEO yang ditulis para analis SEo atau webmaster, semoga
menambahi.
Yang paling penting adalah standar pemformatan.
Gunakanlah pemformatan yang benar, sehingga mesin pencari lebih mudah untuk
mengindex isi website anda. Validasi halaman anda di
validator.w3.org/check?uri=url website anda
Gunakan elemen h1, h2, h3, dan seterusnya untu memberi
pemformatan judul dan subjudul. Ini akan diprioritaskan dalam pengindexan.
Header adalah yang utama. Jadi title halaman disini
sangat penting, buatlah setiap halaman memmpunyai judul yang ada hubungannya
dengan isi. Seperti halaman pada website ini, silakan cek dimesin google dengan
kata kunci mengenal SEF atau mengenal SEO. Biasanya mesin pencari membutuhkan waktu
untuk menindex halaman, 3 sampai 7 hari.
Urutan peng-index-an, header, body, sidebar, footer.
Perhatikan penyusunan halaman. Gunakanlah xhtml 1 strict untuk menyusun halaman
tanpa tabel, sehingga bisa mengurutkan struktur halaman.
4. Mempromosikan Blog
Pertanyaan yang sering muncul muncul adalah, bagaimana
cara mempromosikan blog? Dan apa manfaatnya?
Ada banyak cara untuk mempromosikan blog agar pada hasil
pencarian menduduki ranking teratas.
- Pergunakan link alamat blog sebagai email signature Anda. Hampir semua platform email saat ini memberi kemudahan kepada para pemakainya untuk membuat signature di bagian bawah email. Dengan menambahkan link (ya, tentu yang clickable, jangan hanya sekedar alamat) alamat blog Anda di signature email dengan pilihan tag line yang menarik, besar kemungkinan setiap penerima email Anda akan tertarik untuk meng-klik alamat blog tersebut dan bukan tidak mungkin kemudian akan menjadi pembaca setia blog Anda.
- Tambahkan alamat blog Anda pada kartu nama Anda. Cara ini sebenarnya sudah biasa namun akan menjadi berbeda jika Anda memberikan sentuhan yang menarik pada pilihan tag line alamat blog Anda. Kuncinya, jangan sekedar menuliskan alamat blog, namun beri deskripsi singkat yang "menggoda" penerima kartu nama Anda untuk mengunjungi blog Anda. Jika Anda belum punya kartu nama, barangkali ini saat yang tepat untuk membuatnya. Anda bisa membuat kartu nama dengan budget yang cukup terjangkau, bahkan bisa membuatnya sendiri hanya dengan bantuan sebuah printer.
- Tampilkan alamat blog Anda pada Contact Details akun Yahoo Messenger Anda. Akun Yahoo Messenger memberi ruang kepada Anda untuk menambahkan data situs atau blog pribadi di bagian Contact Details. Ketika chatting, alamat blog Anda akan terlihat oleh lawan bicara Anda. Sekali lagi manfaatkan tag line deskripsi yang menarik untuk memancing rasa ingin tahu lawan bicara Anda.
- Buat stiker atau pembatas halaman buku dengan logo dan nama blog Anda dan bagikan secara gratis kepada pengunjung warnet di dekat tempat Anda tinggal.
- Buat stiker nama blog Anda dan tempel di mobil atau motor Anda. Jika budget Anda sangat minim, Anda bisa membuat custom stiker dengan jumlah sangat terbatas dan menempelkannya di mobil atau motor Anda sendiri. Sekali lagi, yang terpenting adalah bahasa visual melalui stiker yang berperan sebagai iklan blog Anda. Bukan berapa biayanya.
- Buat topi dengan logo blog Anda dan gunakan dalam setiap kesempatan kemanapun Anda pergi. Membuat logo blog Anda di topi yang biasa Anda pakai setiap hari ke kampus, atau ke tempat kerja, atau sekedar jalan-jalan, adalah cara promosi yang efektif. Saat ini juga banyak teknik sablon topi yang murah dan terjangkau dengan budget rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar