Selasa, 02 Februari 2016

Membuat Blog Jilid 3



MANAJEMEN BLOG

 

TUJUAN

Setelah mempelajari kegiatan 5, peserta pelatihan diharapkan dapat mengelola blog dengan baik pengelolan artikel, komentar dari para pengunjung, dan merancang sebuah blog yang menarik dan impresif.

URAIAN MATERI

Blog yang tidak dikelola dengan baik akan menghasilkan sebuah blog yang statis sehingga orang tidak akan mengunjungi blog tersebut. Lalu, bagaimana agar blog kita memiliki rangking paling atas?
Salah satu cara untuk meningkatkan ranking hasil pencarian adalah pengelolaan artikel dengan baik artinya menulis artikel secara berkala, mengelola komentar dan membalas komentar maupun pertanyaan dari para pengunjung, juga memilih tampilan blog yang menarik dan informatif agar pengunjung merasa nyaman dalam mencari informasi yang didapatkan .

1.    Mengelola Artikel

Sebuah arikel, jika dikelola dengan baik dapat meningkatkan ranking hasil pencarian pada search engine. Oleh karena itu, sebelum membuat artikel baru sebaiknya menyiapkan kategori yang cocok untuk artikel yang akan dibuat. Hal ini perlu dilakukan agar mempermudah pengguna dalam menemukan informasi yang diperlukan.
Dalam Wordpress, sebuah kategori dapat memiliki sub kategori.
Baiklah, kita akan mencoba membahas bagaimana mengelola artikel dengan baik. Namun, pastikan sudah berada pada halaman administrator Wordpress. Bagaimana cara masuk ke halaman administrator?
  1. Text Box:  Pertama kali jalankan salah satu browser (Internet Explorer, Mozilla, Opera, dan lain-lain), kemudian ketikkan alamat URL misal: http://slametriyanto.blinxer.com/wp-login.php dan tekan Enter. Maka akan muncul halaman untuk login berisi username dan password.



  1. Setelah berhasil masuk halaman administrator, maka tampilannya seperti nampak pada gambar berikut.
Text Box:
  1. Untuk membuat kategori baru, klik tombol Categories pada Posts.



Text Box:
  1. Masukkan nama kategori, slug, dan deskripsi untuk kategori tersebut.











  1. Sebuah kategori baru telah berhasil dibuat.
Text Box:
  1. Untuk membuat kategori baru, lakukan langkah keempat. Mudah bukan? Kini saatnya membuat artikel baru. Caranya, klik tombol Add New pada tab Posts.




  1. Masukkan Judul artikel, isi artikel pada kolom yang telah disediakan.

  1. Artikel yang terlalu panjang sebaiknya dipotong agar tampilan lebih rapi dan menarik. Pemotongan artikel tidak mempengaruhi isinya, namun hanya memisahkan antara kalimat pembuka dengan artikel yang lengkap dan biasanya di akhir baris kalimat pembuka terdapat teks More untuk membaca selengkapnya. Letakkan kursor di akhir paragraf awal kemudian klik tombol  More.

  1. Setelah mengaktifkan tombol Insert More, secara otomatis paragraf pertama muncul sebuah garis dan teks More.

  1. Text Box:  Pada Wordpress tidak tersedia untuk mengatur paragraf rata kiri dan kanan. Untuk itu, kita harus memasukkan kode html agar paragraf nampak lebih rapi. Caranya: klik metode HTML.

  1. Text Box:  Masukkan teks <p align=”justify”> pada awal paragraf, lalu tambahkan teks </p> sebagai penutup di akhir paragraf.







Text Box:
  1. Selanjutnya, buatlah Tag untuk artikel tersebut. Apa fungsi Tag? Tag berfungsi untuk mengelompokkan sebuah artikel sesuai dengan kata kunci yang populer yang berhubungan dengan artikel tersebut. Semakin banyak kata kunci yang sama dalam Tag maka ukuran teks untuk kata tersebut semakin besar.
Text Box:
  1. Tentukan kategori yang tepat untuk artikel tersebut.








  1.  
    Terakhir, simpan artikel yang baru saja dibuat. Klik tombol Published dalam tab Publish. Apabila artikel tersebut tidak ingin ditampilkan dikarenakan belum lengkap, dapat disimpan sebagai Draft dengan cara mengklik tombol Save Draft.

2.    Mengelola Komentar

Pernahkah Anda membuat komentar, pertanyaan, atau saran dalam sebuah website  atau blog? Nah, blog yang Anda buat terdapat fasilitas untuk mengomentari, menanyakan, dan bahkan memberikan saran terhadap artikel yang telah dibuat.
Adakalanya fasilitas komentar dimanfaatkan para spammer untuk memasukkan informasi yang tidak bermanfaat dan menyesatkan.  Untungnya, wordpress memiliki penangkal untuk mendeteksi komentar yang diidentifikasi sebagai spam dan secara otomatis akan ditempatkan pada folder Spam, sehingga memudahkan dalam mengelola komentar dari pengunjung.
Lain lagi, jika ada sebuah pertanyaan atau komentar terhadap artikel yang ditulis maka hendaknya segera ditanggapi agar pengunjung merasa diperhatikan. Apabila sebuah komentar dari pengunjung tidak segera ditanggapi maka pengunjung akan merasa kecewa, apalagi komentarnya berisi sebuah pertanyaan yang bersifat penting untuk segera diketahui jawabannya.


  1.  
    Baiklah, untuk mengelola komentar, terlebih dulu Anda harus login ke halaman administrator: Masih ingat cara login? Misalnya: http://slametriyanto.net/wp-admin lalu tekan Enter. Jika mendaftarkan pada penyedia domain dan hosting gratis (misal: blinxer.com), ketik pada alamat URL http://slametriyanto.blinxer.com/wp-login.php lalu tekan Enter. Masukkan Username dan Passwod lalu tekan Login.

  1. Setelah masuk di halaman administrasi wordpress maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Diasumsikan,  blog yang dibuat menggunakan domain dan hosting gratis pada http://blinxer.com. Bagaimana cara membuatnya ? Pelajari kembali apda pembahasan sebelumnya

Text Box:
  1. Untuk mengelola komentar, klik tombol Comment.






  1. Klik tombol Approve untuk menyetujui isi komentar tersebut.

  1. Sedangkan untuk membalas komentar tersebut, klik tombol Replay. Selanjutnya, masukkan isi balasan komentar dari pengunjung lalu tekan tombol Submit Reply.

  1. Hasilnya seperti gambar berikut.

3.    Mengelola Tampilan

Apakah Anda menyukai penampilan seseorang yang rapi, menarik, dan karismatik? Nah, sama halnya dengan penampilan seseorang, tampilan blog juga harus lebih menarik dan informatif agar para pengguna dapat menemukan informasi secara cepat.
Jika pengunjung merasa betah menikmati informasi yang disajikan, secara otomatis dapat meningkatkan ranking hasil pencarian pada Search Engine.
Wordpress menyediakan beberapa pilihan tampilan blog yang siap pakai (instant), hanya dengan meng-klik tema (theme) yang dimaksud, maka dalam hitungan detik tampilan blog akan berubah.

  1. Text Box:  Untuk memilih tampilan yang diinginkan, klik panel Appereance kemudian pilih menu Themes.


  1. Akan nampak beberapa pilihan tema


  1. Pilih salah satu tema yang diinginkan.
  1. Tunggu beberapa saat, proses adaptasi tema sedang berjalan. Jika sudah tampil, klik menu Actvate “namatema” yang berada di sudut kanan atas.

  1. Tampilan utama blog akan berubah sesuai dengan tema (theme) yang dipilih.

Text Box:
  1. Selanjutnya, mengatur menu yang akan ditampillkan. Caranya, klik tombol Widgets pada panel Appereance.


  1. Nampak beberapa menu yang dapat ditampilkan pada halaman utama Blog Anda. Sebagai contoh, pilih Recent Posts dengan cara meng-klik menu Add.

  1. Ketika menu  Add diaktifkan, maka secara otomatis Recents Posts akan muncul di sebelah kanan. Klik menu Edit untuk mengatur parameter jumlah artikel yang akan ditampilkan. Masukkan jumlah artikel yang dinginkan, jika sudah yakin klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.
 

  1. Hasilnya akan muncul di halaman utama Blog.  Anda dapat menambahkan beberapa menu dengan cara meng-klik tombol Add kemudian mengatur parameter yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar