Selasa, 02 Februari 2016

Membuat Blog JIlid 5



Bahan Ajar

MENINGKATKAN RANKING

PADA SEARCH ENGINE

 

URAIAN MATERI

Membuat blog memang mudah, tapi mengelola blog jauh lebih sulit. Pengelolaan blog bukan hanya sebatas membuat artikel sebanyak-banyaknya namun harus memperhatikan beberapa teknik agar blog yang dibuat dapat dikenal orang lain dalam waktu yang relatif singkat. Dan pada akhirnya, tujuan pembuatan blog itu sendiri dapat terwujud.
Agar blog cepat populer perlu strategi dalam pengelolaanya sehingga ada peningkatan jumlah pengunjung setiap harinya. Orang sangat tergantung pada sebuah mesin pencari dalam menemukan informasi yang diinginkan. Nah, mesin pencari tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga ketika seseorang mencari informasi yang dibutuhkan langsung menuju ke blog kita.
Pengetahuan tentang sistem kerja mesin pencari perlu dipahami, mulai dari Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Friendly (SEF) dan mengetahui beberapa alat yang dapat digunakan sebagai mesin pencari. Teknik mempromosikan blog juga perlu dipahami, lalu bagaimana caranya? Untuk menemukan jawabannya, pelajari pembahasan berikut ini.

1.    Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)

Ada berapa banyak mesin pencari yang Anda ketahui?.
Apakah Anda mengenal Yahoo atau Google? Ya, kedua nama tersebut tidak asing bagi kita karena hampir setiap saat kita memanfaatkan jasa kedua perusahaan tersebut. Untuk saat ini, mesin pencari yang paling populer adalah Google.
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.
Sitem kerja mesin pencari. Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawlerbrowser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.


2.    Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Semakin tinggi peringkat halaman blog Anda diterima tergantung sebagaimana friendly dalam SEO apabila ada pencarian Web. Perlu untuk ditambahkan beberapa hal pada blog Anda agar SEO lebih menarik, seperti menambahkan Meta tag ke kode html karena bermanfaat untuk situs Web Anda dan popularitas situs. Pengulangan untuk penambahan konten baru yang kaya dengan keywords yang ampuh dan link akan menghias lebih banyak trafik. Link ditempatkan di situs dan halaman lain melalui media forum sosial, blog dan rss feed, jadi ketika website ini diupdate dengan konten baru, trafik Anda meningkat. Keutamaan dari search engines adalah mengambil konten baru dan mengendalikan lebih banyak trafik ke situs Anda karena penggunaan teknik SEO yang telah Anda gunakan. Promosikan website Anda menggunakan SEO dan anda akan melihat perbedaan besar pada pengunjung (trafik) dan keuntungan yang potensial bagi Anda.

3.    Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

Apa itu SEF, ialah struktur halaman sebuah website/ blog yang mudah dibaca oleh search engine. Namun sebagai sebuah trick, SEF mudahnya dipahami sebagai, trick agar halaman kita mudah dibaca oleh search engine. Sudah banyak artikel SEO yang ditulis para analis SEo atau webmaster, semoga menambahi.
Yang paling penting adalah standar pemformatan. Gunakanlah pemformatan yang benar, sehingga mesin pencari lebih mudah untuk mengindex isi website anda. Validasi halaman anda di validator.w3.org/check?uri=url website anda

Gunakan elemen h1, h2, h3, dan seterusnya untu memberi pemformatan judul dan subjudul. Ini akan diprioritaskan dalam pengindexan.

Header adalah yang utama. Jadi title halaman disini sangat penting, buatlah setiap halaman memmpunyai judul yang ada hubungannya dengan isi. Seperti halaman pada website ini, silakan cek dimesin google dengan kata kunci mengenal SEF atau mengenal SEO. Biasanya mesin pencari membutuhkan waktu untuk menindex halaman, 3 sampai 7 hari.

Urutan peng-index-an, header, body, sidebar, footer. Perhatikan penyusunan halaman. Gunakanlah xhtml 1 strict untuk menyusun halaman tanpa tabel, sehingga bisa mengurutkan struktur halaman.

4.    Mempromosikan Blog

Pertanyaan yang sering muncul muncul adalah, bagaimana cara mempromosikan blog? Dan apa manfaatnya?
Ada banyak cara untuk mempromosikan blog agar pada hasil pencarian menduduki ranking teratas.

  1. Pergunakan link alamat blog sebagai email signature Anda. Hampir semua platform email saat ini memberi kemudahan kepada para pemakainya untuk membuat signature di bagian bawah email. Dengan menambahkan link (ya, tentu yang clickable, jangan hanya sekedar alamat) alamat blog Anda di signature email dengan pilihan tag line yang menarik, besar kemungkinan setiap penerima email Anda akan tertarik untuk meng-klik alamat blog tersebut dan bukan tidak mungkin kemudian akan menjadi pembaca setia blog Anda.

  1. Tambahkan alamat blog Anda pada kartu nama Anda. Cara ini sebenarnya sudah biasa namun akan menjadi berbeda jika Anda memberikan sentuhan yang menarik pada pilihan tag line alamat blog Anda. Kuncinya, jangan sekedar menuliskan alamat blog, namun beri deskripsi singkat yang "menggoda" penerima kartu nama Anda untuk mengunjungi blog Anda. Jika Anda belum punya kartu nama, barangkali ini saat yang tepat untuk membuatnya. Anda bisa membuat kartu nama dengan budget yang cukup terjangkau, bahkan bisa membuatnya sendiri hanya dengan bantuan sebuah printer.

  1. Tampilkan alamat blog Anda pada Contact Details akun Yahoo Messenger Anda. Akun Yahoo Messenger memberi ruang kepada Anda untuk menambahkan data situs atau blog pribadi di bagian Contact Details. Ketika chatting, alamat blog Anda akan terlihat oleh lawan bicara Anda. Sekali lagi manfaatkan tag line deskripsi yang menarik untuk memancing rasa ingin tahu lawan bicara Anda.

  1. Buat stiker atau pembatas halaman buku dengan logo dan nama blog Anda dan bagikan secara gratis kepada pengunjung warnet di dekat tempat Anda tinggal.

  1. Buat stiker nama blog Anda dan tempel di mobil atau motor Anda. Jika budget Anda sangat minim, Anda bisa membuat custom stiker dengan jumlah sangat terbatas dan menempelkannya di mobil atau motor Anda sendiri. Sekali lagi, yang terpenting adalah bahasa visual melalui stiker yang berperan sebagai iklan blog Anda. Bukan berapa biayanya.

  1. Buat topi dengan logo blog Anda dan gunakan dalam setiap kesempatan kemanapun Anda pergi. Membuat logo blog Anda di topi yang biasa Anda pakai setiap hari ke kampus, atau ke tempat kerja, atau sekedar jalan-jalan, adalah cara promosi yang efektif. Saat ini juga banyak teknik sablon topi yang murah dan terjangkau dengan budget rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar